RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan                          : SMPIT AL-FURQON

Mata Pelajaran                                 : PAI & BP

Materi Pokok                                     : Salat sunah mufarid dan berjamaah

Sub Materi                                          : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah

Kelas/Semester                                                : VIII/Ganjil

Alokasi Waktu                                   : 3 X 40 Menit

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat:

ü  Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid

ü  Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid

ü  Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

 

B.      LANGKAH-LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuakaan dan berdoa untuk memulai pembelajara, memeriksa kehadiran peserta didik dan kerapiaan dan kelengkapan pakaian sebagai sikap disiplin.

Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya,

Ø  Memberikan gambaran sekilas tentang manfaat mempelajari materi salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

Ø  Memberitahukan tenyang tujuan pembelajaran, cakupan materi, kompetensi yang akan dicapai, indikator-indikator materi, dan KKM pada pertemuan yang akan dilakukan

Ø  Pengelompokan siswa secara acak untuk proses pembelajaran

KEGIATAN INTI (100 Menit)

Literasi

Ø  Guru memberikan stimulus dan rangsangan kepada peserta didik tentang materi puasa wajib dan puasa sunah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, mengomunikasikan).

o   Mengamati permasalah bersama kelompok untuk memecahkan masalah salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

Critical Thinking

Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi beragam pertanyaan terkait materi pelajaran

o   Apakah salat Duha bisa dilakukan secara berjamaah?

Colaboration (Kerja Sama)

Guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompok dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi

Ø  Peserta didik berdiskusi dengan anggota kelompok tentang hal-hal yang berkaitan dengan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

Ø  Mengumpulkan informasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber pemikan anggota kelompok menjadi satu bagian yang lengkap tentang materi

o   Siswa diminta untuk memahami tentang salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

o   Siswa diminta untuk berdiskusi tentang salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

Ø  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulka dan mengeksporasikan data dari sumber yang akan digunakan  untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada lembar kerja siswa

Comunication

(komunikasi)

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok

Ø  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, menyampaikan argumentasi/pendapat tentang topik yang dibahas (materi salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid) kemudian kelompok lain memberikan respon berupa pertayaan-pertanyaan seputar materi, kelompok yang presentasi memberikan jawaban dan memberikan kesimpulan dari beberapa pertanyaan.

 

Creativity (kreativitas)

Kesimpulan pembelajaran

Ø  Guru dan peserta didik menarik kesimpulan dari point-point yang muncul dari pembelajaran kelompok mengenai salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

Ø  Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami dengan jelas.

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

Ø  Membuat rangkuman/kesimpulan dari keseluruan proses pembelajaran tentang salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid

Guru

Ø  Memeriksa pekerjaan setiap siswa/setiap kelompok diberikan nilai sesuai dengan kebeneran pekerjaan yang dilakukan, memberikan kritik yang membangun dan saran untuk kegiatan kelompok yang akan datang agar lebih baik dan lebih siap lagi.

Ø  Memberikan tugas di rumah (PR) agar siswa membaca dan belajar tentang materi puasa wajib dan puasa sunah secara lengkap.

 

C.      PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis                         : Terlampir

Praktik                                  : Peserta didik diminta untuk menghafalkan niat puasa wajib dan puasa sunah beserta doa berbuka puasa.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Megang Sakti, 29 Agustus 2022

Guru Mata Pelajaran PAI & BP

 

 

 

 

Nasrudin, S.Pd.I

 


 

LAMPIRAN TES TERTULIS

 

NO

SOAL

SKOR

1

Apa yang dimaksud dengan salat sunah berjamaah dan mufarid?

10

2

Salat sunah yang dilakukan secara berjamaah adalah…

10

3

Salat sunah yang dilakukan secara mufarid adalah…

10

4

Apa yang dimaksud dengan sunah muakadah?

10

5

Apa yang dimaksud dengan sunah ghairu muakadah?

10

6

Apa itu salat rawatib?

10

7

Berapa jumlah bilangan salat witir?

10

8

Kapan salat witir dilakukan?

10

9

Hukum melaksanakan salat idul fitri dan idul adha?

10

10

Apa yang dimaksud dengan sunah?

10

JUMLAH SKOR BENAR

100

 

Komentar