RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

RPP 1 LEMBAR SMP (TAHFIDZ KELAS 7)


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Seorang guru tidak akan bisa dipisahkan dengan RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran). RPP merupakan petunjuk bagi guru untuk mengajar di dalam kelas. Dengan RPP maka jalan yang akan dilewati oleh guru akan terarah dan terukur. Didalam RPP juga terdapat komponen-komponen penting sebagai pemandu jalannya pembelajran mulai dari tujuan, metode/cara, langkah-langkah pembelajaran samapai pada penilaain pembelajaran telah tercantum dalam RPP.

RPP dalam perjalanan pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan dan penyesuain dengan kondisi pendidikan yang semakin berkembang. Dimana RPP dimulai dengan penyampai penuh sesak dengan narasi-narasi pembelajaran yang akan dilakukan di dalam kelas, RPP yang didalamnya dipenuhi dengan materi-materi yang begitu banyak sehingga menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya dan juga menghabiskan banyak kertas untuk mencetaknya, sampai pada abad ke 21 ini RPP mengalami perubahan-perubahan yang banyak dimana sekarang RPP tidak serumit dan sebanya tahun-tahun sebelumnya. Kini RPP bermetamorfosis menjadi penunjuk jalan yang simple dan tidak berbelit-belit hanya berisikan tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan terakhir pada penilaian pembelajaran.

RPP di Indonesia mengalami perubahan-perubahan dengan tujuan untuk mempermudah guru untuk membuat dan tidak membebani guru untuk selalu membuat RPP yang sangat tebal dan banyak narasi didalamnya, kini RPP semakin ramping dengan komponen ideal dan hanya satu lembar RPP. Dengan semakin simpelnya RPP diharapkan para guru tidak terbebani membuat RPP sehingga melalaikan tugas sesungguhnya sebagai guru.

RPP satu lembar ini disambut baik oleh para guru khususnya oleh guru yang sudah tua, dimana kemapuan dalam masalah teknologi menjadi momok yang menakutkan bagi guru yang sudah tua apalagi kalau dibebani  membuat RPP yang sangat tebal maka bebannya akan semakin banyak dan bahkan akan semakin cepat membuat guru tidak aktif lagi didalam kelas, bahkan buruknya dengan banyaknya RPP yang dibuat mengarahkan guru memilih jalan pintas untuk membeli RPP dan banyak juga tidak memperhatikan isi RPP. Dan alhamdulillahnya sekarang RPP hanya satu lembar dan dapat memberikan dampak baik bagi guru tua maupun muda.

Berikut ini RPP 1 LEMBAR MAPEL : TAHFIDZ KELAS 7 SMP

Pelajaran 1                          Pelajaran 5                          Pelajaran 9

Pelajaran 2                          Pelajaran 6                          Pelajaran 10

Pelajaran 3                          Pelajaran 7                          Pelajaran 11

Pelajaran 4                          Pelajaran 8                          Pelajaran 12

 #masih10pelajaranyangbelumdiupload,silahkanisikomentar

 

Komentar