RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

Soal MAPEL PAI Kelas 8 [tugas]

 

PENDIDIKAN MASA PANDEMI

Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak boleh berhenti dan mati, walaupun keadaam sekarang tidak memungkinkan untuk proses pembelajaram tatap muka. Akan tetapi keadaan seperti itu tidak untuk dijadikan kambing hitam untuk mengendorkan pembelajaran pada peserta didik. Peserta didik yang telah masuk ke jenjang pendidikan tertentu wajib untuk mendapatkan pendidikan sesuai porsi jenjang pendidikan dan keadaan yang dialami saat ini.

Setiap pembelajaran yang dilakukan luring dan daring akan sangat terkendala dalam berbagai aspek, dimana aspek yang dominan terjadi adalah perekonomian, dan hasil dari pembelajaran online tidak sebaik pembelajaran tatap muka di dalam kelas/lingkungan sekolah. Selain ekonomi faktor dukungan orang tua dan pengawasan terhadap siswa menjadi kendala yang akan dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran online.

            Pembelajaran secara daring mampu dilaksanakan dengan baik apabila sarana yang tersedia di sekolah dan di rumah para siswa tercukupi dengan baik. Jika diantara salah satu tersebut tidak dapat terpenuhi maka pembelajaran daring sama saja dengan omong kosong. Ketersedian smartphone dan jaringan internet yang stabil menjadi penentu keterlangsungan pembelajaran daring. Pembelajaran daring juga tidak hanya persoalan tentang sinyal dan smartphone akan tetapi juga tentang kesiapan orang tua dalam berbagai aspek seperti: menyediakan uang tambahan untuk membeli paket data, mengawasi kegiatan siswa dan membatasi aktifitas penggunaan smartphone diluar jam daring yang bertujuan untuk menghemat pengeluaran paket data.

            Dengan berbagai persoalan yang ditemukan dilapangan mendorong lembaga pendidikan mentukan pembelajaran daring/luring/kombinasi untuk menjalakan program pendidikan, dan untuk menjaga kesehatan warga sekolah dan keluarga dari bahayanya Covid-19 yang saat ini masih mengalami peningkatan kasus diberbagai Negara di Dunia.

Dengan kadaan seperti sekarang ini maka proses pembelajaran yang semestinya dilakukan tatap muka maka diganti dengan berbagai penugasan yang meminta siswa untuk aktif juga memahami secara mandiri dan kemudia menanyakannya jika ada kendala yang dialami melalui WA kepada guru mata pelajaran terkait.

 

BERIKUT INI TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KELAS VIII

TUGAS 1. IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT (LIHAT DISINI)

TUGAS 2. IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT (LIHAT DISINI)

TUGAS 3. SHALAT BERJAMAAH DAN MUFARID (LIHAT DISINI)

TUGAS 4. KEGIATAN IBADAH MINGGUAN (LIHAT DISINI)

 

Komentar