RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

Kerja Kelompok_Kegiatan Siswa

 

KERJA KELOMPOK




Pembelajaran aktif harus melibatkan guru dan siswa secara efektif . Untuk membuat siswa aktif maka guru harus menggunakan metode pembelajaran yang berbeda disetiap pertemuan. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah berdiskusi kelompok secara tersetruktur dan terpimpin.

            Untuk mengaktifkan siswa dalam kelas dimulai dengan bekerja secara kelompok dengan materi berbeda pada setiap kelompok. Kemudian setelah selesai semua maka dilakukan secara bersama berdiskusi tentang materi yang telah dipelajari dengan dipimpin oleh guru.

            Kerja kelompok akan mengaktifkan siswa secara menyeluruh dengan didampingin dan diawasi oleh guru. Selain itu bekerja kelompok akan melatih siswa semakin kompak dalam bekerja sama menyelesaikan tugas dalam bekerja sama menyelesaikan tugas yang telah diberikan guru.           

 Hal-hal yang didapatkan dalam kegiatan bekerja kelompok diantaranya:

1. Kekompakan dalam menuangkan hasil pemahaman materi kedalam lembar kerja

2. Tanggung jawab individu dan kelompok semakin baik

3. Kesempatan untuk berbicara dengan teman dengan tema yang telah didapatkan

4. Melatih diri untuk menjadi diri yang peduli satu sama lain dalam satu kelompok

5. Belajar menjadi siswa yang kritis

Hal-hal yang menyebabkan kerja kelompok gagal antara lain:

1. Salah satu anggota kelompok tidak bekerja

2. Salah satu anggota kelompok tidak peduli

3. Salah satu anggota kelompok memiliki sikap ingin menang sendiri

4. Menyerahkan tugas hanya kepada satu anggota kelompok dan yang lain main-main.


        Siswa memiliki tingkat kebosanan yang tinggi sehingga akan berdampak buruk jika dalam proses pembelajaran tidak menggunakan metode pembelajaran yang berbeda disetiap pertemuan. Selain kerja kelompok masih sangat banyak lain metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk membuat siswa aktif dan tidak bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa akan merasakan hal yang baru dan menyenangkan ketika guru menggunakan metode yang melibatkan siswa secara aktif. Dalam pembelajaran yang aktif akan menimbulkan kesan yang mendalam pada siswa dan kemungkinan besar ilmu-ilmu yang dipelajari akan mudah diingat dan terapkan dalam kegiatan atau aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

#siswi SMPIT AL FURQON MEGANG SAKTI
#PAI_NASRUDIN,S.PD.I

Komentar