Laporan Pengembangan Diri
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
WORKSHOP
PENINGKATAN MUTU GURU
Diselenggarakan
oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)
Kabupaten
Musi Rawas
Dalam
Jaringan:
Tanggal
9 – 11 November 2021
Disusun
Oleh
Nasrudin,
S.Pd.I, M.Pd
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI)
KABUPATEN MUSI RAWAS
TAHUN 2021
IDENTITAS
DIRI
- Nama
Sekolah :
SMPIT Al-Furqon Megang Sakti
- Nama Guru : Nasrudin
- Alamat
Instansi :
a. Alamat
Sekolah : Desa Wonosari,
Blok Curup
b. Kecamatan : Megang
Sakti
c. Kabupaten : Musi Rawas
d. Provinsi : Sumatera Selatan
- Mengajar
Guru Kelas/Mapel :Guru Pendidikan
Agama Islam
- Alamat
Rumah :
a. Alamat
Sekolah : Desa Suka Maju,
Dusun 1
b. Kecamatan : Sumber
Harta
c. Kabupaten : Musi Rawas
d. Provinsi : Sumatera Selatan
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat
dan hidayah-Nya, sehingga Laporan Pengembangan Diri Workshop Peningkatan Mutu
Guru yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Musi Rawas dapat diselesaikan
sesuai dengan rencana.
Workshop
Peningkatan Mutu Guru yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Musi Rawas pada
tanggal 9 – 11 November 2021. Di dalam Kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Guru
serta penyusunan laporan ini, penulis telah mendapat banyak kesempatan,
menerima bimbingan, petunjuk, bantuan serta saran-saran yang bermanfaat dari
berbagai pihak, yang semuanya itu dapat memberikan kemudahan dan menunjang
dalam menyelesaikan penulisan laporan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini
penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada:
1. Bapak Raslim, S.Pd
Ketua PGRI Kabupaten Musi Rawas
2. Panitia, peserta dan
narasumber serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Penulis
berupaya menyusun laporan sebaik mungkin. Meskipun demikian, jika terdapat
kekurangan dan kekeliruan dalam penyusunan laporan pengembangan diri ini,
penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan
laporan ini. Akhirnya, penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi
pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri khususnya.
Megang
Sakti, 12 November 2021
Penulis,
Nasrudin,
S.Pd,I, M.Pd
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A.
PENDAHULUAN
Pendidikan
pada hakekatnya adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan manusia,
pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan diperlukan
guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh. Pendidikan adalah usaha sadar
dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Fungsi
pendidikan harus betul-betul diperhatikan dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional sebab tujuan berfungsi sebagai pemberi arah yang jelas
terhadap kegiatan penyelenggaraan pendidikan sehingga penyelenggaraan
pendidikan harus diarahkan kepada (1) pendidikan diselenggarakan secara
demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi
hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, (2)
pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem
terbuka dan multimakna, (3) pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses
pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat,
(4) pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan,
dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, (5)
pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan
berhitung bagi segenap warga masyarakat, (6) pendidikan diselenggarakan dengan
memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam
penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. Peningkatan mutu
pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang terlibat dalam
proses pendidikan.
Guru
merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan mempunyai
posisi strategis maka setiap usaha peningkatan mutu pendidikan perlu memberikan
perhatian besar kepada peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun mutunya.
Upaya memahami tuntutan standar profesi yang ada harus ditempatkan sebagai prioritas
utama jika guru kita ingin meningkatkan profesionalismenya. Hal ini didasarkan kepada
beberapa alasan. Pertama, persaingan global sekarang memungkinkan adanya mobilitas
guru secara lintas negara. Kedua, sebagai profesional seorang guru harus
mengikuti tuntutan perkembangan profesi secara global, dan tuntutan masyarakat
yang menghendaki pelayanan yang lebih baik. Cara satu-satunya untuk memenuhi
standar profesi ini adalah dengan belajar secara terus menerus sepanjang hayat,
dengan membuka diri yakni maumendengar dan melihat perkembangan baru di
bidangnya. Guru memegang peranan yang sangat strategis terutama dalam membentuk
watak bangsa serta mengembangkan potensi siswa. Kehadiran guru tidak
tergantikan oleh unsur yang lain, lebih-lebih dalam masyarakat kita yang
multikultural dan multidimensional, dimana peranan teknologi untuk menggantikan
tugas-tugas guru sangat minim. Guru memiliki perana yang sangat penting dalam
menentukan keberhasilan pendidikan. Guru yang profesional diharapkan
menghasilkan lulusan yang berkualitas. Profesionalisme guru sebagai ujung
tombak di dalam implementasi kurikulum di kelas yang perlu mendapat perhatian
(Depdiknas, 2005). Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk
mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai
tujuan.
B.
ALASAN MENGIKUTI BIMTEK
1. Surat Undangan/Brosur
Workshop Peningkatan Mutu Guru
2. Untuk meningkatkan
mutu diri sebagai guru
3. Meningkatkan
profesionalisme sebagai guru.
C.
PELAKSANA WORKSHOP
Workshop peningkatan
mutu guru ini diselenggarakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten
Musi Rawas
D.
TEMPAT DAN WAKTU
Workshop peningkatan
mutu guru ini dilaksanakan tanggal 9 – 11 November 2021 , melalui zoom
meeting.
E.
TUJUAN BIMTEK
Tujuan dari
pengembangan diri ini adalah :
a.
Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang peningkatan mutu guru merupakan
salah satu usaha pengembangan diri yang diisyaratkan dalam kenaikan pangkat
guru dan penetapan angka kreditnya.
b.
Mendapat informasi tentang cara membuat karya tulis di blogger dan poster menggunakan
canva dengan sistematika yang benar.
F.
MATERI DALAM BIMTEK
Materi utama yang
diberikan dalam pelatihan ini adalah :
a.
Kebijakan
Pendidikan Tentang Kompetensi Guru
b.
Sejarah
Perjuangan PGRI Sebagai Organisasi Profesi
c.
AD/ART PGRI
d.
Konsep Merdeka
Belajar
e.
Perlindungan
Hukum Bagi Profesi Guru
f.
Tugas dan Beban
Guru
g.
Equivalensi
Tugas Tambahan
G.
TINDAK LANJUT
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah guru
dapat menulis berbagai macam karya tulis ilmiah dan untuk diimbaskan kepada guru-guru
di sekolah masing-masing.
H.
DAMPAK PENGEMBANGAN DIRI
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan
diri yang dilakukan adalah:
a. Penulis memahami
benar perlunya penguasaan IT untuk meningkatkan mutu guru dan peningkatan
kegiatan belajar mengajar
b. Sebagai guru dapat menularkan
kepada teman-teman sejawat untuk dapat dikembangkan bersama-sama
File bisa di unduh DISINI
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar