RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

Media Pembelajaran (POSTER)

 

POSTER

SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 



                Dalam dunia pendidikan segala sesuatunya mengalami perubahan yang sangat cepat. Perubahan dari segi gaya belajar siswa hingga media pembelajaran yang bertujuan untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil pembelajaran. Jika media pembelajaran dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan maka dipastikan tidak akan ada perubahan yang signifikan. Siswa akan jenuh jika dari mulai Sekolah Dasar hingga ke tingkatan sekolah atasnya menggunakan media pembelajaran yang jadul (jaman dulu).

                Media pembelajaran yang variatif akan merangsang keingin tahuan siswa tentang isi dari suatu media pembelajara. Media pembelajaran yang saat ini bisa dipakai salah satunya adalah media poster. Dalam penggunaan media poster diyakini akan berdampak baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan media yang menarik perhatian melalui perpaduan tulisan dan gambar dengan sajian yang menarik maka siswa akan lebih senang dan penasaran tentang isi media tersebut.

                Salah satu media yang bisa digunakan disini adalah media pembelajaran dengan poster. Poster sendiri merupakan media yang memiliki ciri khas tersendiri diantaranya pesan yang disampaikan dengan kata-kata yang lugas dan singkat, tampilan poster yang berfariasi membuat siswa tidak jenuh untuk melihat dan memperhatikan isinya.

                Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat media poster sebagai media pembelajaran, baik dengan aplikasi berbayar maupun dengan aplikasi tidak berbayar. Dalam aplikasi berbayar sudah tentu memiliki isi yang lebih lengkap, sedangkan untuk aplikasi yang tidak berbayar sudah pasti fitur-fitur yang tersedia juga terbatas.

                Di era moderen seperti sekarang ini sebagai guru harus memiliki kemampuan TI (teknologi Informasi) dengan mampu menggunakan alat elektronik seperti handphon dan laptop. Karena media-media pembelajaran bisa dibuat dengan handphon atau smartphone dan laptop. Jika mampu menguasai dua alat tersebut insya allah akan mudah membuat media poster sendiri sesuai dengan kemauan dan gratis. Tidak ada tidak bisa jika di dalam hati memiliki niat untuk merubah dan memajukan siswa dalam pendidikan melalui media-media yang menarik siswa. Tetap berusaha untuk belajar dan belajar.

 

Oleh: Nasrudin, S.Pd.I, M.Pd

Komentar