RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

Kisi-Kisi US PAI SMP Megang Sakti

 

KISI-KISI US PAI 2022

 

1.         Disajikan Q.S. ar-Rahman /55: 33, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan al qomariah  yang terdapat pada  ayat tersebut.

2.        Disajikan Q.S. al-Mujadilah /58: 11,  peserta didik dapat mengidentifikasi tanda waqof  yang terdapat pada ayat tersebut.

3.        Disajikan Q.S. Áli Imrān/3: 134, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan mad wajib muttasil yang terdapat pada  ayat tersebut.

4.         Disajikan Q.S. al-Baqarah/2: 153, serta peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut.

5.         Disajikan potongan ayat dari Q.S. al-Furqan/25: 63, peserta didik dapat melengkapi potongan ayat.

6.         Disajikan Q.S. an-Nahl/16: 114, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan ikhfa’  yang tepa

7.         Disajikan ilustrasi perilaku sesuai Q.S. az-Zumar/39: 53, peserta didik menentukan perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.

8.        Disajikan Q.S. an-Najm/53: 39-42,  peserta didik dapat mengartikan  ayat tersebut

9.        Disajikan QS Al Hujurat/49: 13, peserta didik dapat menganalisis isi kandungan ayat tersebut

10.    perilaku yang mencerminkan asmaul husna al-‘Alim, peserta didik dapat menganalisis perilaku yang sesuai dengan asmaul Husna Al-alim dengan tepat.

11.    sifat-sifat malaikat, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat malaikat.

12.    perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah, peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan ajaran yang terdapat dalam kitab-kitab Allah

13.    sifat-sifat Rasul Allah, peserta didik dapat mengkatagorikan  sifat-sifat Rasul Allah Swt

14.    perilaku yang mencerminkan meneladani sifat-sifat para Rasul, peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat wajib bagi rasul.

15.    peristiwa terjadinya hari akhir (Qiamat). peserta didik dapat menunjukan perilaku yang seharusnya dilakukan sebelum kiamat terjadi

16.    perilaku yang terjadi di sekitar sekolah, peserta didik dapat menghubungkan perilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir.

17.    iman kepada Qodha dan Qodar peserta didik dapat menyimpulkan manfaatnya dalam kehidupan.

18.    masalah yang terjadi dalam kehidupan terkait dengan Qada dan Qadar, peserta didik dapat menentukan takdir Allah

19.    perilaku  terpuji, peserta didik dapat menunjukan contoh perilaku  jujur.

20.    makna   empati terhadap sesama, peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa manfaat empati dalam kehidupan.

21.    bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak negatif dari minuman keras, perjudian, dan pertengkaran

22.    akhlak terhadap orang tua dan guru, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku hormat dan taat kepada guru atau orang tua.

23.    tatakrama berkomunikasi secara lisan, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang benar dalam berkomunikasi secara lisan.

24.    periaku jujur , peserta didik dapat menganalisis  perilaku yang sesuai  dalam kehidupan sehari-hari.

25.    Disajikan perilaku seseorang dalam ke hidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa manfaat perilaku menepati janji dalam kehidupan

26.    manfaat rasa malu, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat sifat malu dengan benar

27.    sebab-sebab mandi wajib, peserta didik dapat mengelompokkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib

28.    menyebutkan syarat menjadi imam.

29.    syarat  sah mendirikan shalat Jumat, peserta didik dapat menentukan dengan benar.

30.    Disajikan masalah dalam sebuah perjalanan, peserta didik dapat menentukan cara pelaksanaan shalat yang sesuai dengan kondisi tersebut.

31.    shalat sunnah munfarid, peserta didik dapat menentukan nama shalat sunnah tersebut.

32.    sujud sukur, peserta didik dapat menentukan nama sujud dengan benar

33.    makanan haram sesuai QS Al-Maidah/5:3, peserta didik dapat menentukan dengan benar

34.    bahaya makanan dan minuman yang haram, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

35.    orang yang boleh tidak berpuasa, peserta didik dapat menganalisis cara mengganti puasa yang ditinggalkan.

36.    tentang puasa nazar, peserta didik dapat menentukan puasa wajib dengan benar.

37.    kondisi ekonomi atau usaha seseorang peserta didik dapat menghitung jumlah harta yang wajib dikeluarkan zakatnya

38.    syarat orang yang mengeluarkan zakat, peserta didik dapat menentukan dengan benar

39.    pelaksanaan ibadah aqiqah, peserta didik dapat menentukan dengan benar.

40.    syarat binatang kurban, peserta didik dapat menentukan dengan benar

41.    amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menyimpulkan nilai yang terkandung di dalamnya

42.    rukun haji, peserta didik dapat menentukan dengan benar

43.    perilaku khulafaur rasidin dalam menjalankan kepemimpinannya, peserta didik dapat menentukan perilaku Umar bin Khattab.

44.    salah satu peristiwa yang dialami Rasulullah SAW ketika dakwah di Mekkah, peserta didik dapat menentukan strategi dakwah yang patut diteladani untuk masa sekarang.

45.    kondisi perkembangan peradaban pada masa Bani Abbasiyah, peserta dapat menunjukkan nama khalifah yang sesuai

46.    salah satu peristiwa yang dialami Rasulullah SAW ketika dakwah di Madinah, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai yang patut diteladani dari peristiwa tersebut.

47.    masuknya Islam ke Nusantara, peserta didik dapat menentukan teori tersebut

48.    Islam di nusantara, peserta didik dapat menentukan nilai atau pesan yang disampaikan dari tradisi tersebut

49.    macam-macam tari yang sesuai budaya Islam, peserta didik dapat menentukan dengan benar

 

 

Komentar