RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

RPP PAI KELAS 8 (BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan                          : SMPIT AL-FURQON

Mata Pelajaran                                 : PAI & BP

Materi Pokok                                    : Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Sub Materi                                         : Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Kelas/Semester                                               : VIII/Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 3 X 40 Menit

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat:

ü  Memahami makna iman kepada kitab-kitab Allah

ü  Memahami isi pokok kitab-kitab Allah

ü  Memahami isi pkok kitab Al-Qur’an

ü  Menyajikan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah

 

B.      LANGKAH-LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuakaan dan berdoa untuk memulai pembelajara, memeriksa kehadiran peserta didik dan kerapiaan dan kelengkapan pakaian sebagai sikap disiplin.

Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya,

Ø  Memberikan gambaran sekilas tentang manfaat mempelajari materi iman kepada kitab-kitab Allah

Ø  Memberitahukan tenyang tujuan pembelajaran, cakupan materi, kompetensi yang akan dicapai, indikator-indikator materi, dan KKM pada pertemuan yang akan dilakukan

Ø  Pengelompokan siswa secara acak untuk proses pembelajaran

KEGIATAN INTI (100 Menit)

Literasi

Ø  Guru memberikan stimulus dan rangsangan kepada peserta didik tentang materi puasa wajib dan puasa sunah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, mengomunikasikan).

o   Mengamati permasalah bersama kelompok untuk memecahkan masalah iman kepada kitab-kitab Allah

Critical Thinking

Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi beragam pertanyaan terkait materi pelajaran

o   Sebutkan kitab-kitab Allah beserta nabi penerimannya.

Colaboration (Kerja Sama)

Guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompok dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi

Ø  Peserta didik berdiskusi dengan anggota kelompok tentang hal-hal yang berkaitan dengan iman kepada kitab-kitab Allah

Ø  Mengumpulkan informasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber pemikan anggota kelompok menjadi satu bagian yang lengkap tentang materi

o   Siswa diminta untuk memahami tentang iman kepada kitab-kitab Allah

o   Siswa diminta untuk berdiskusi tentang iman kepada kitab-kitab Allah

Ø  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulka dan mengeksporasikan data dari sumber yang akan digunakan  untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada lembar kerja siswa

Comunication

(komunikasi)

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok

Ø  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, menyampaikan argumentasi/pendapat tentang topik yang dibahas (materi iman kepada kitab-kitab Allah ) kemudian kelompok lain memberikan respon berupa pertayaan-pertanyaan seputar materi, kelompok yang presentasi memberikan jawaban dan memberikan kesimpulan dari beberapa pertanyaan.

 

Creativity (kreativitas)

Kesimpulan pembelajaran

Ø  Guru dan peserta didik menarik kesimpulan dari point-point yang muncul dari pembelajaran kelompok mengenai iman kepada kitab-kitab Allah

Ø  Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami dengan jelas.

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

Ø  Membuat rangkuman/kesimpulan dari keseluruan proses pembelajaran tentang iman kepada kitab-kitab Allah

Guru

Ø  Memeriksa pekerjaan setiap siswa/setiap kelompok diberikan nilai sesuai dengan kebeneran pekerjaan yang dilakukan, memberikan kritik yang membangun dan saran untuk kegiatan kelompok yang akan datang agar lebih baik dan lebih siap lagi.

Ø  Memberikan tugas di rumah (PR) agar siswa membaca dan belajar tentang materi iman kepada kitab-kitab Allah  secara lengkap.

 

C.      PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis                         : Terlampir

Praktik                                  : Peserta didik diminta untuk menghafalkan Qs. Al-A’la/87: 18-19.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Megang Sakti,    September 2022

Guru Mata Pelajaran PAI & BP

 

 

 

 

Nasrudin, S.Pd.I

 


 

LAMPIRAN TES TERTULIS

 

NO

SOAL

SKOR

1

Apa yang dimaksud dengan iiman kepada kitab Allah?

10

2

Jelaskan identitas kitab Injil!

10

3

Jelaskan identitas kitab Alqur’an!

10

4

Jelaskan isi pokok dari kitab Al-Qur’an!

10

5

Bolehkah seorang muslim beriman kepada kitab selain al-qur’an?

10

6

Apa yang dimaksud dengan suhuf?

10

7

Apa yang dimaksud dengan kitab?

10

8

Apa perbedaan dari kitab dengan suhuf?

10

9

Siapa saja nabi yang menerima suhuf?

10

10

Apa hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah?

10

JUMLAH SKOR BENAR

100

 

TES LISAN

1. Setiap siswa menyetorkan hafalan tentang dalil beriman kepada al-qur’an surah Qs. Al-A’la/87: 18-19.

Komentar