RPP PAI KELAS 8 (MACAM-MACAM SUJUD)
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMPIT AL-FURQON
Mata Pelajaran :
PAI & BP
Materi Pokok : Macam-macam sujud
Sub Materi :
Pengertian Macam-macam
sujud
Kelas/Semester :
VIII/Ganjil
Alokasi Waktu :
3 X 40 Menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi,
eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah
Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat:
ü
Memahami macam-macam sujud
ü
Mempraktikkan
macam-macam sujud
ü
Membedakan
macam-macam sujud
ü
Menyajikan hikmah melakukan sujud syukur, sujud tilawah, sujud sahwi
B.
LANGKAH-LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PENDAHULUAN (10 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan
Karakter |
Ø Melakukan
pembukaan dengan salam pembuakaan dan berdoa untuk memulai pembelajara,
memeriksa kehadiran peserta didik dan kerapiaan dan kelengkapan pakaian
sebagai sikap disiplin. |
Ø Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
Ø Memberikan
gambaran sekilas tentang manfaat mempelajari materi macam-macam sujud |
|
Ø Memberitahukan
tenyang tujuan pembelajaran, cakupan materi, kompetensi yang akan dicapai,
indikator-indikator materi, dan KKM pada pertemuan yang akan dilakukan |
|
Ø Pengelompokan
siswa secara acak untuk proses pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI (100 Menit) |
|
Literasi |
Ø Guru
memberikan stimulus dan rangsangan kepada peserta didik tentang materi puasa
wajib dan puasa sunah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengolah informasi, mengomunikasikan). o
Mengamati permasalah bersama kelompok untuk
memecahkan masalah macam-macam
sujud |
Critical Thinking |
Ø Peserta
didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi beragam pertanyaan terkait
materi pelajaran o
Sebutkan macam-macam sujud dan fungsinya |
Colaboration (Kerja
Sama) |
Guru
memberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompok dalam menyelesaikan
masalah yang dihadapi Ø Peserta
didik berdiskusi dengan anggota kelompok tentang hal-hal yang berkaitan
dengan macam-macam sujud Ø Mengumpulkan
informasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber pemikan anggota kelompok
menjadi satu bagian yang lengkap tentang materi o
Siswa diminta untuk memahami tentang macam-macam sujud o
Siswa diminta untuk berdiskusi tentang macam-macam sujud o
Siswa diminta untuk mempraktikkan sujud dalam diskusi Ø Peserta
didik diarahkan untuk mengumpulka dan mengeksporasikan data dari sumber yang
akan digunakan untuk menyelesaikan
permasalahan yang ada pada lembar kerja siswa |
Comunication (komunikasi) |
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok Ø Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal, menyampaikan argumentasi/pendapat
tentang topik yang dibahas (materi macam-macam sujud) kemudian kelompok lain memberikan respon
berupa pertayaan-pertanyaan seputar materi, kelompok yang presentasi memberikan
jawaban dan memberikan kesimpulan dari beberapa pertanyaan. |
Creativity (kreativitas) |
Kesimpulan pembelajaran Ø Guru
dan peserta didik menarik kesimpulan dari point-point yang muncul dari
pembelajaran kelompok mengenai macam-macam sujud Ø Peserta
didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru tentang materi yang belum
dipahami dengan jelas. |
PENUTUP (10 Menit) |
|
Peserta didik |
Ø Membuat
rangkuman/kesimpulan dari keseluruan proses pembelajaran tentang macam-macam sujud |
Guru |
Ø Memeriksa
pekerjaan setiap siswa/setiap kelompok diberikan nilai sesuai dengan
kebeneran pekerjaan yang dilakukan, memberikan kritik yang membangun dan
saran untuk kegiatan kelompok yang akan datang agar lebih baik dan lebih siap
lagi. Ø Memberikan
tugas di rumah (PR) agar siswa membaca dan belajar tentang mater imacam-macam sujudsecara lengkap. |
C. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Tes Tertulis : Terlampir
Praktik : Peserta didik diminta untuk
menghafalkan doa sujud syukur,
sujud tilawah, dan sujud sahwi.
Mengetahui Kepala Sekolah |
Megang Sakti, September 2022 Guru Mata Pelajaran
PAI & BP |
|
Nasrudin, S.Pd.I |
LAMPIRAN
TES TERTULIS
NO |
SOAL |
SKOR |
1 |
Apa yang dimaksud sujud syukur, tilawah, dan sahwi? |
10 |
2 |
Kapan pelaksanaan sujud tilawah? |
10 |
3 |
Kapan pelaksanaan sujud sahwi? |
10 |
4 |
Kapan dilakukannya sujud syukur? |
10 |
5 |
Apa hukum melaksanakan sujud syukur, tilawah, dan sahwi? |
10 |
6 |
Bagaimana bacaan doa sujud tilawah, sahwi dan syukur! |
10 |
7 |
Apa hikmah dari melaksanakan sujud tilawah? |
10 |
8 |
Apa hikmah dari melaksanakan sujud sahwi? |
10 |
9 |
Apa hikmah dari melaksanakan sujud syukur? |
10 |
10 |
Berapa jumlah ayat sajadah dalam al-qur’an! |
10 |
JUMLAH SKOR BENAR |
100 |
TES
LISAN
1. Setiap siswa menyetorkan menghafalkan
doa sujud syukur, sujud
tilawah, dan sujud sahwi.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar