RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

RPP PAI KELAS 8 (MACAM-MACAM SUJUD)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan                          : SMPIT AL-FURQON

Mata Pelajaran                                 : PAI & BP

Materi Pokok                                    : Macam-macam sujud

Sub Materi                                         : Pengertian Macam-macam sujud

Kelas/Semester                                               : VIII/Ganjil

Alokasi Waktu                                  : 3 X 40 Menit

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat:

ü  Memahami macam-macam sujud

ü  Mempraktikkan macam-macam sujud

ü  Membedakan macam-macam sujud

ü  Menyajikan hikmah melakukan sujud syukur, sujud tilawah, sujud sahwi

 

B.      LANGKAH-LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuakaan dan berdoa untuk memulai pembelajara, memeriksa kehadiran peserta didik dan kerapiaan dan kelengkapan pakaian sebagai sikap disiplin.

Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya,

Ø  Memberikan gambaran sekilas tentang manfaat mempelajari materi macam-macam sujud

Ø  Memberitahukan tenyang tujuan pembelajaran, cakupan materi, kompetensi yang akan dicapai, indikator-indikator materi, dan KKM pada pertemuan yang akan dilakukan

Ø  Pengelompokan siswa secara acak untuk proses pembelajaran

KEGIATAN INTI (100 Menit)

Literasi

Ø  Guru memberikan stimulus dan rangsangan kepada peserta didik tentang materi puasa wajib dan puasa sunah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, mengomunikasikan).

o   Mengamati permasalah bersama kelompok untuk memecahkan masalah macam-macam sujud

Critical Thinking

Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi beragam pertanyaan terkait materi pelajaran

o   Sebutkan macam-macam sujud dan fungsinya

Colaboration (Kerja Sama)

Guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompok dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi

Ø  Peserta didik berdiskusi dengan anggota kelompok tentang hal-hal yang berkaitan dengan macam-macam sujud

Ø  Mengumpulkan informasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber pemikan anggota kelompok menjadi satu bagian yang lengkap tentang materi

o   Siswa diminta untuk memahami tentang macam-macam sujud

o   Siswa diminta untuk berdiskusi tentang macam-macam sujud

o   Siswa diminta untuk mempraktikkan sujud dalam diskusi

Ø  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulka dan mengeksporasikan data dari sumber yang akan digunakan  untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada lembar kerja siswa

Comunication

(komunikasi)

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok

Ø  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, menyampaikan argumentasi/pendapat tentang topik yang dibahas (materi macam-macam sujud) kemudian kelompok lain memberikan respon berupa pertayaan-pertanyaan seputar materi, kelompok yang presentasi memberikan jawaban dan memberikan kesimpulan dari beberapa pertanyaan.

 

Creativity (kreativitas)

Kesimpulan pembelajaran

Ø  Guru dan peserta didik menarik kesimpulan dari point-point yang muncul dari pembelajaran kelompok mengenai macam-macam sujud

Ø  Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami dengan jelas.

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

Ø  Membuat rangkuman/kesimpulan dari keseluruan proses pembelajaran tentang macam-macam sujud

Guru

Ø  Memeriksa pekerjaan setiap siswa/setiap kelompok diberikan nilai sesuai dengan kebeneran pekerjaan yang dilakukan, memberikan kritik yang membangun dan saran untuk kegiatan kelompok yang akan datang agar lebih baik dan lebih siap lagi.

Ø  Memberikan tugas di rumah (PR) agar siswa membaca dan belajar tentang mater imacam-macam sujudsecara lengkap.

 

C.      PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis                         : Terlampir

Praktik                                  : Peserta didik diminta untuk menghafalkan doa sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Megang Sakti,    September 2022

Guru Mata Pelajaran PAI & BP

 

 

 

 

Nasrudin, S.Pd.I

 


 

LAMPIRAN TES TERTULIS

 

NO

SOAL

SKOR

1

Apa yang dimaksud sujud syukur, tilawah, dan sahwi?

10

2

Kapan pelaksanaan sujud tilawah?

10

3

Kapan pelaksanaan sujud sahwi?

10

4

Kapan dilakukannya sujud syukur?

10

5

Apa hukum melaksanakan sujud syukur, tilawah, dan sahwi?

10

6

Bagaimana bacaan doa sujud tilawah, sahwi dan syukur!

10

7

Apa hikmah dari melaksanakan sujud tilawah?

10

8

Apa hikmah dari melaksanakan sujud sahwi?

10

9

Apa hikmah dari melaksanakan sujud syukur?

10

10

Berapa jumlah ayat sajadah dalam al-qur’an!

10

JUMLAH SKOR BENAR

100

 

TES LISAN

1. Setiap siswa menyetorkan menghafalkan doa sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi.

Komentar