RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

RPP PAI KELAS 8 (PUASA WAJIB DAN PUASA SUNAH)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan                          : SMPIT AL-FURQON

Mata Pelajaran                                 : PAI & BP

Materi Pokok                                     : Puasa Wajib dan Puasa Sunah

Sub Materi                                          : Pengertian Puasa Wajib dan Puasa Sunah

Kelas/Semester                                                : VIII/Ganjil

Alokasi Waktu                                   : 3 X 40 Menit

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat:

ü  Memahami tata cara puasa wajib dan puasa sunah

ü  Menyajikan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah

 

B.      LANGKAH-LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuakaan dan berdoa untuk memulai pembelajara, memeriksa kehadiran peserta didik dan kerapiaan dan kelengkapan pakaian sebagai sikap disiplin.

Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya,

Ø  Memberikan gambaran sekilas tentang manfaat mempelajari materi puasa wajib dan puasa sunah

Ø  Memberitahukan tenyang tujuan pembelajaran, cakupan materi, kompetensi yang akan dicapai, indikator-indikator materi, dan KKM pada pertemuan yang akan dilakukan

Ø  Pengelompokan siswa secara acak untuk proses pembelajaran

KEGIATAN INTI (100 Menit)

Literasi

Ø  Guru memberikan stimulus dan rangsangan kepada peserta didik tentang materi puasa wajib dan puasa sunah melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, mengomunikasikan).

o   Mengamati permasalah bersama kelompok untuk memecahkan masalah puasa wajib dan puasa sunah

Critical Thinking

Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi beragam pertanyaan terkait materi pelajaran

o   Meminum air saat puasa di siang hari membatalkan puasa atau tidak? Alasannya?

Colaboration (Kerja Sama)

Guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompok dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi

Ø  Peserta didik berdiskusi dengan anggota kelompok tentang hal-hal yang berkaitan dengan puasa wajib dan puasa sunah

Ø  Mengumpulkan informasi yang telah dihimpun dari berbagai sumber pemikan anggota kelompok menjadi satu bagian yang lengkap tentang materi

o   Siswa diminta untuk memahami tentang puasa wajib dan puasa sunah

o   Siswa diminta untuk berdiskusi tentang puasa wajib dan puasa sunah

Ø  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulka dan mengeksporasikan data dari sumber yang akan digunakan  untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada lembar kerja siswa

Comunication

(komunikasi)

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok

Ø  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, menyampaikan argumentasi/pendapat tentang topik yang dibahas (materi puasa wajib dan puasa sunah) kemudian kelompok lain memberikan respon berupa pertayaan-pertanyaan seputar materi, kelompok yang presentasi memberikan jawaban dan memberikan kesimpulan dari beberapa pertanyaan.

 

Creativity (kreativitas)

Kesimpulan pembelajaran

Ø  Guru dan peserta didik menarik kesimpulan dari point-point yang muncul dari pembelajaran kelompok mengenai puasa wajib dan puasa sunah

Ø  Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami dengan jelas.

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

Ø  Membuat rangkuman/kesimpulan dari keseluruan proses pembelajaran tentang puasa wajib dan puasa sunah

Guru

Ø  Memeriksa pekerjaan setiap siswa/setiap kelompok diberikan nilai sesuai dengan kebeneran pekerjaan yang dilakukan, memberikan kritik yang membangun dan saran untuk kegiatan kelompok yang akan datang agar lebih baik dan lebih siap lagi.

Ø  Memberikan tugas di rumah (PR) agar siswa membaca dan belajar tentang materi puasa wajib dan puasa sunah secara lengkap.

 

C.      PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis                         : Terlampir

Praktik                                  : Peserta didik diminta untuk menghafalkan niat puasa wajib dan puasa sunah beserta doa berbuka puasa.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Megang Sakti, 29 Agustus 2022

Guru Mata Pelajaran PAI & BP

 

 

 

Khoirur Rozikin, S.Pd.I

Nasrudin, S.Pd.I

 


 

LAMPIRAN TES TERTULIS

 

NO

SOAL

SKOR

1

Apa yang dimaksud dengan puasa wajib?

10

2

Puasa apa saja yang termasuk kedalam puasa wajib?

10

3

Bagaimana tata cara pelaksanaan puasa wajib?

10

4

Apa yang dimaksud dengan puasa sunah?

10

5

Puasa apa saja yang termasuk kedalam puasa sunah?

10

6

Apa perbedaan puasa wajib dan puasa sunah? Jelaskan

10

7

Apa saja syarat sah puasa?

10

8

Apa saja syarat wajib puasa?

10

9

Siapakan orang-orang yang diperbolehkan untuk tidak salat?

10

10

Hal-hal apa saja yang dapat mengurangi pahala puasa?

10

JUMLAH SKOR BENAR

100

 

Komentar