Postingan

RPP PAI KELAS 8 (SALAT SUNAH MUFARID DAN BERJAMAAH)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     Satuan Pendidikan                           : SMPIT AL-FURQON Mata Pelajaran                                  : PAI & BP Materi Pokok                                      : Salat sunah mufarid dan berjamaah Sub Materi                                           : Pengertian Salat sunah mufarid dan berjamaah Kelas/Semester                                                 : VIII/Ganjil Alokasi Waktu                                    : 3 X 40 Menit   A.       TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktik dan presentasi dengan menumbuhkan sikap kebesaran Allah Swt, Sikap gotong royong, dan berani mengungkapkan pendapat, siswa dapat: ü   Memahami makna salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   Memahami tata cara salat berjamaah dan salat sunah mufarid ü   M empraktikkan salat sunah berjamaah dan salat sunah mufarid   B.

Hari Guru Nasional Tahun 2021

  KEGIATAN SEKOLAH MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL TAHUN 2021   Dalam memperingati hari guru nasional banyak acara yang diselegarakan di lingkungan sekolah di antaranya ada drama tentang sifat dan karakter guru-guru yang mengajar di sekolah, ada juga tentang kisah sukses anak-anak dimasa yang akan datang namun tetap ingat kepada guru yang mendidik semasa sekolah. Dan tidak tertinggal adalah pembacaan puisi yang ditujukan untuk seluruh guru yang ada. Peran drama diperankan oleh siswa/siswi terkhusus anggota OSIS. Dengan persiapan yang sungguh-sungguh akhirnya menghasilkan hasil yang maksimal dan totalitas. Ada sedikit sana sini yang terlewat ataupun teknis yang tidak mendukung tidak mengurangi semangat anak-anak untuk tampil maksimal.   TENTANG PUISI Puisi merupakan suatu karya yang diciptakan oleh seseorang dengan keadaan sadar sebagai pengungkapan isi hati. Puisi mampu memberikan kesan yang bermacam-macam sesuai dengan isi dari hati seseorang. Jika ingin memberikan d

Pemetaan KI.3, KI.4 PAI SMP

Gambar
  PEMETAAN KD PAI SEMESTER 1   KELAS VII SEMESTER I   ASMAUL HUSNA (al-‘alim, al-khabir, as-sami’, dan al-Basir)   KI.3.3      Memahami makna Asmaul Husna: Al-Alim, al-Khabir, as-Sami’ dan al-Basir KI.4.3      Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani asmaul husna Al-Alim,               al-Khabir, as-Sami’ dan al-Basir   PERILAKU JUJUR, AMANAH, DAN ISTIKAMAH KI.3.5      Memahami makna jujur, amanah, dan istikamah KI.4.5      Menyajikan makana perilaku jujur, amanah, dan istikamah   HADAS KECIL DAN HADAS BESAR KI.3.7      Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syariat islam KI.4.7      Menyajikan cara bersuci dari hadas besar   SALAT BERJAMAAH KI.3.8      Memahami ketentuan salat berjamaah KI.4.8      Mempraktikkan salat berjamaah   SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKAH KI.3.11   Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw periode Mekah dan Madinah KI.4.11   Menyajikan strateg

Laporan Pengembangan Diri

Gambar
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI WORKSHOP PENINGKATAN MUTU GURU       Diselenggarakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Musi Rawas       Dalam Jaringan: Tanggal 9 – 11 November 2021 Disusun Oleh Nasrudin, S.Pd.I, M.Pd     PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KABUPATEN MUSI RAWAS TAHUN 2021 IDENTITAS DIRI     Nama Sekolah                         : SMPIT Al-Furqon Megang Sakti Nama Guru                             : Nasrudin Alamat Instansi                       : a.        Alamat Sekolah                 : Desa Wonosari, Blok Curup b.       Kecamatan                                    : Megang Sakti c.        Kabupaten                         : Musi Rawas d.       Provinsi                             : Sumatera Selatan Mengajar Guru Kelas/Mapel   :Guru Pendidikan Agama Islam Alamat Rumah                        : a.        Alamat Sekolah                 : Desa Su

Media Pembelajaran (POSTER)

Gambar
  POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN                   Dalam dunia pendidikan segala sesuatunya mengalami perubahan yang sangat cepat. Perubahan dari segi gaya belajar siswa hingga media pembelajaran yang bertujuan untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil pembelajaran. Jika media pembelajaran dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan maka dipastikan tidak akan ada perubahan yang signifikan. Siswa akan jenuh jika dari mulai Sekolah Dasar hingga ke tingkatan sekolah atasnya menggunakan media pembelajaran yang jadul (jaman dulu).                 Media pembelajaran yang variatif akan merangsang keingin tahuan siswa tentang isi dari suatu media pembelajara. Media pembelajaran yang saat ini bisa dipakai salah satunya adalah media poster. Dalam penggunaan media poster diyakini akan berdampak baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan media yang menarik perhatian melalui perpaduan tulisan dan gambar dengan sajian yang menarik ma

Resume Materi AD/ART PGRI

Gambar
  TUGAS RESUM AD/ART PGRI Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga adalah landasan utama dan terutama sebuah organisasi yang garus di pegang teguh oleh anggota dan pengurus. AD/ART PGRI sebagai landasan dan pedoman pelaksanaan organisasi PGRI di semua tingkatan. Dasar hukum AD/ART PGRI (Keputusan Kongres XXII PGRI Nomor V/KONGRES/XXI/PGRI/2019). Didalam AD terdapat 29 bab dan 45 pasal, kemudian dalam ART terdapat 29 bab dan 45 pasal. BAB I NAMA, WAKTU, DAN KEDUDUKAN Organisasi ini Bernama Persatuan Guru Republik Indonesia disingkat PGRI. Persatuan Guru Republik Indonesia didirikan pada 25 November 1945 dalam Kongres Guru Indonesia di Surakarta untuk waktu yang tidak ditentukan. Organisasi tingkat nasional berkedudukan di ibukota negeri Republik Indonesia BAB II DASAR PGRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 BAB III DASAR PGRI adalah organisasi profesi, perjuangan, dan ketenagakerjaan BAB IV SIFAT DAN SEMANGAT SIFAT Unit

Soal PAI Kelas 9 [tugas]

PENDIDIKAN MASA PANDEMI Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak boleh berhenti dan mati, walaupun keadaam sekarang tidak memungkinkan untuk proses pembelajaram tatap muka. Akan tetapi keadaan seperti itu tidak untuk dijadikan kambing hitam untuk mengendorkan pembelajaran pada peserta didik. Peserta didik yang telah masuk ke jenjang pendidikan tertentu wajib untuk mendapatkan pendidikan sesuai porsi jenjang pendidikan dan keadaan yang dialami saat ini. Setiap pembelajaran yang dilakukan luring dan daring akan sangat terkendala dalam berbagai aspek, dimana aspek yang dominan terjadi adalah perekonomian, dan hasil dari pembelajaran online tidak sebaik pembelajaran tatap muka di dalam kelas/lingkungan sekolah. Selain ekonomi faktor dukungan orang tua dan pengawasan terhadap siswa menjadi kendala yang akan dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran online.             Pembelajaran secara daring mampu dilaksanakan dengan baik apabila sarana yang tersedia di sekolah dan di ru

Soal MAPEL PAI Kelas 8 [tugas]

  PENDIDIKAN MASA PANDEMI Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak boleh berhenti dan mati, walaupun keadaam sekarang tidak memungkinkan untuk proses pembelajaram tatap muka. Akan tetapi keadaan seperti itu tidak untuk dijadikan kambing hitam untuk mengendorkan pembelajaran pada peserta didik. Peserta didik yang telah masuk ke jenjang pendidikan tertentu wajib untuk mendapatkan pendidikan sesuai porsi jenjang pendidikan dan keadaan yang dialami saat ini. Setiap pembelajaran yang dilakukan luring dan daring akan sangat terkendala dalam berbagai aspek, dimana aspek yang dominan terjadi adalah perekonomian, dan hasil dari pembelajaran online tidak sebaik pembelajaran tatap muka di dalam kelas/lingkungan sekolah. Selain ekonomi faktor dukungan orang tua dan pengawasan terhadap siswa menjadi kendala yang akan dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran online.             Pembelajaran secara daring mampu dilaksanakan dengan baik apabila sarana yang tersedia di sekolah dan d